Sejarah

SEJARAH PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA



Program Studi Manajemen Informatika merupakan satu dari tiga Program Studi di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar. Manajemen Informatika merupakan satu-satunya Program Studi Diploma (D.III) yang ada di IAIN Batusangkar.  Landasan kekuatan dan kekokohan Program Studi Manajemen Informatika STAIN Batusangkar secara yuridis formal termaktub dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor 171 tahun 2012 tanggal 02 Februari 2007 yang ditandatangani oleh Nursyam (Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia). Semenjak itu, Manajemen Informatika mulai berbenah dalam penataan kurikulum, sumber daya manusia (Dosen, Tenaga Pendidik, Mahasiswa), tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan, penjaminan mutu dan lain sebagainya, sehingga pada tahun 2014 program studi mendapatkan sertifikat akreditasi dari BAN-PT.
Pada  tahun 2016  Program Studi Manajemen Informatika, sebagai satuan penyelenggara Pendidikan Akademik, yakni pendidikan yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (UU No. 2 Tahun 1989, BAB IV Pasal 11 Ayat 7), telah memasuki usianya yang ke-4. Keadaan ini membuat civitas akademika Manajemen Informatika memiliki semangat untuk menyetarakan (melebihi) posisinya dengan program studi lain. Dari tahun ke tahun peminat program studi ini semakin meningkat, yang ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah peminat dari tahun ke tahun.
Progran Studi Manajemen Informatika mencetak lulusan pertamanya pada bulan September 2015. Jika dihitung sampai saat ini, Manajemen Informatika telah melaksanakan wisuda sebanyak dua angkatan. Lulusan yang dihasilkanpun telah mendapat pengakuan yang cukup baik di dunia kerja. Hal ini terlihat bertambahnya jumlah dosen yang berkualifikasi pendidikan S2. Pengembangan keilmuan juga memasuki ranah penelitian dan pengabdian masyarakat.  Data tiga tahun terakhir memperlihatkan trend positif aktivitas akademik dosen melakukan  kegiatan  penelitian,  pengabdian  pada  masyarakat,  publikasi  serta  aktif berpartisipasi mengikuti pelatihan-pelatihan baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.
Manajemen Informatika merupakan Pogram Studi yang berlandaskan Teknologi Informasi yang ingin unggul dalam bidang informatika yang terintegrasi dengan ilmu keislaman di Sumatera.

Usaha pengembangan yang dilakukan berfokus kepada; 1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang interaktif dalam ilmu komputer baik berisifat teoritis maupun praktis. 2) Menyiapkan Ahli Madya yang memiliki kepribadian dan komitmen spiritual islam yang disertai dengan tanggung jawab sosial dan budaya luhur  bangsa Indonesia. 3) Menyiapkan Ahli Madya yang memiliki kemampuan professional dibidang informatika. 4) Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintahan, perguruan tinggi dan perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri. 5) Mengembangkan dan membina kehidupan civitas akademika yang menjunjung tinggi kebenaran akademis, keterbukaan, kritis, kreatif dan inovatif serta tanggap terhadap perubahan sosial baik regional maupun global.

0 komentar :